Sunday, February 9, 2020

Yuk Kenali Penyebab Walet Hanya Keluar Masuk tidak Mau Menginap

Tidak jarang kita dibuat bingung melihat walet hanya keluar masuk gedung tidak ada yang mau menginap sedangkan penyebab dan cara mengatasi walet tidak mau turun atau menginap dalam rumah yang kita sediakan telah dilakukan sepenuhnya. Mungkin dari kita masih banyak yang bingung untuk memulai belajar tentang kebiasaan kawanan burung walet dan bagaimana perilaki serta gaya hidupnya sesuai dengan habitat asli mereka, misalnya walet dari gua dan sebagainya yang kadang tidak kita sadari sehingga sulit rasanya mencari solusi agar walet mau menginap dalam rumah yang telah kita sediakan.
Dari banyak kasus ternyata tidak sedikit yang menemukan dimana ketika gedung walet sudah dipersiapkan dengan semestinya dan perlengkapan yakin sudah dipenuhi misalnya memasang twiter tarik dan memilih suara walet yang bagus serta berkualitas, ternyata tidak cukup sampai disitu. Masih banyak yang harus kita ketahui sehingga usaha yang dibangun tidak sia-sia serta memberikan hasil seperti yang kita inginkan. Dalam hal ini tentu tidak mudah memastikan bahwa semua dapat berjalan dengan seksama, namun demikian akan lebih baik kalau kita mengetahui apa yang harus dilakukan sehingga semua kembali pada teknik dan pengalaman yang pernah kita miliki, meskipun masih banyak faktor yang menentukan keberhasilan ternak burung walet yang kita usahakan.
Ada banyak hal yang mempengaruhi perkembangan rumah burung walet yang telah kita bangun, dengan memanfaatkan suara panggil walet yang bermutu dan menggunakan suara original tentu saja mengurangi resiko kegagalan kita, sehingga ramai walet yang datang dan menginap sehingga memberikan kesempatan untuk memperoleh panen sarang walet dalam jumlah banyak. Ini tentu memberikan semangat tersendiri bagi kita sehingga dalam usaha mengembangkan bisnis tersebut juga harus di imbangi dengan percobaan, pengalaman dan pengamatan yang cukup dan berkelanjutan untuk kebaikan bisnis kita dimasa mendatang.
Dengan suara panggil walet yang bagus maka kita memiliki kesempatan untuk mendatangkan kawanan walet sehingga banyak yang tertarik untuk masuk kedalam rumah yang kita bangun, ini di umpamakan seperti kita memasang pakan untuk sebuah hewan sehingga mereka tertarik untuk mendekat, yang akhirnya suka dan mau tinggal dirumah tersebut. Kalau nasib lagi baik maka akan datang koloni walet dalam jumlah banyak yang pada akhirnya akan memberikan pemasukan tinggi pula.
Pengamatan yang kita lakukan RBW (rumah burung walet) yang baru kita bangun hendaknya berkelanjutan dari bulan ke bulan berikutnya, setelah kita memasang twiter panggil dan membangun dengan seksama apakah ada walet yang datang? Tentu tidak cukup kalau hanya menarik burung walet untuk masuk saja, yang perlu diperhatikan apakah ada dari mereka yang mulai menginap? Ditandai dengan adanya bekas kotoran di lantai, adakah yang mulai membuat sarang?
Semakin banyak temuan yang kita dapat akan rumah baru tersebut tentu akan memberikan evaluasi yang mendalam dan memungkinkan kita untuk mengetahui penyebab walet tidak mau menginap serta bersarang, yang tentu dapat kita lakukan tindakan perbaikan sehingga semua mulai terkendali.
Pembenahan yang perlu kita lakukan setelah mengamati dan mengenali perilaku walet yang datang ke rumah baru kita adalah bagaimana mengatur ulang tata letak misalnya pintu masuk apakah sudah memadai, atau arah bangunan yang paling strategis termasuk memperhatikan bangunan lain atau pohon disekitar rumah tersebut yang mungkin mengganggu atau malah mendukung agar walet betah menginap.
Mengapa kita harus melakukan pengamatan, perawatan, dan evaluasi terus menerus? Ini ditujukan untuk mengetahui perkembangan RBW yang kita dirikan, kalau memang menunjukkan prospek yang baik tentu saja harus ditingkatkan melalui pengadaan perangkat dan modal yang memadai sehingga menjamin hasil panen yang melimpah, tentu saja ini dapat kita simpulkan sesudah memiliki pengalaman secara langsung di lapangan. Ini tidak dapat hanya dikemukakan dengan teori namun akan lebih baik kalau kita melakukan secara langsung dan dalam jangka panjang. Oleh sebab itu untuk menekuni usaha ternak burung walet ini memang diperlukan konsistensi dan sikap untuk terus maju bersemangat untuk membangun suatu bisnis jangka panjang yang memang menjanjikan keuntungan dalam jumlah tidak sedikit.

No comments:

Post a Comment

Download MP3 & Video for: Suara Walet Kalimantan Download Lagu  Suara Walet Kalimantan  Dapat Kamu Download Secara Gratis Di Waptric...