Sunday, February 9, 2020

Berapa lama walet mulai menginap sampai membuat sarang

Menemukan jawaban yang pasti tentang berapa lama walet mulai menginap di gedung baru yang selesai dibangun rasanya tidak mudah karena kita harus melihat kembali beberapa faktor yang berpengaruh pada keadaan tersebut. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk memiliki keraguan pada waktu yang tepat walet membuat sarang karena hal ini berhubungan dengan beberapa hal termasuk jenis suara walet yang digunakan di rumah walet kita apalagi kalau itu adalah rbw yang baru dibuat.
Mungkin tidak banyak rentang waktu untuk walet mulai membuat sarang karena hal lain yang patut diketahui kadangkala luput dari perhatian kita, sehingga kita hanya menginginkan hasil yang maksimal tanpa memperhatikan proses yang seharusnya juga dilewati demi mencapai tujuan tersebut.
Mengetahui secara pasti kapan walet mulai menginap di gedung yang baru dibuat rasanya memang tidak dapat diperkirakan dengan pasti, namun berdasarkan pengalaman dari berapa teman dan yang kami alami sendiri memang ada semacam rentang waktu yang dapat merangkum waktu kapan mulai walet menginap di rumah baru, sehingga membuat kita memahami kebiasaan burung walet seperti di habitat asli mereka.

Kapan walet mulai membuat sarang

Kalau membicarakan mengenai lama waktu burung walet mulai bersarang rasanya perlu memahami lebih jauh karena terdapat banyak hal yang mempengaruhi kecepatan burung walet dalam membuat sarang. Tidak ada patokan pasti untuk hal ini, namun kita dapat mengamati dari dekat dari hasil pengalaman sendiri yang nantinya akan berguna dalam menentukan jarak waktu antara burung walet menginap sampai mengoles sarang.
Dalam memastikan agar burung walet tidak takut pada manusia maka kita sebaiknya tidak terlalu sering masuk kedalam gedung walet, atau lebih baik ditinjau dari luar dengan cara pemasangan kamera pengawas di dalam rumah walet. Ini lebih efektif apalagi kalau kita memiliki dana yang lumayan memadai, maka perangkat-perangkat pendukung semacam ini menjadi sangat baik untuk dilengkapi.
Umumnya burung walet akan mulai mengoles sarang antara 3 bulan sampai 1 tahun, dalam rentang waktu ini sebaiknya kita tidak terlalu sering mengunjungi atau masuk kedalam rbw. Pemasangan suara panggil dan inap juga dipastikan selalu siap sehingga tidak mengganggu walet yang sudah betah menginap agar tidak kabur dan selanjutnya mau berkembang biak.

Memastikan walet betah menginap di gedung baru

Waktu yang rawan untuk burung walet adalah saat mulai ada yang menginap di gedung yang baru selesai dibangun kemudian terlalu banyak aktivitas manusia maka dapat mengganggu habitat walet yang mulai betah tersebut. Ini sebaiknya dihindari sehingga tidak memberikan efek buruk dalam jangka pendek maupun jangka panjang demi keberlangsungan rbw yang kita bangun.
Beberapa hal yang menyebabkan walet tidak mau menginap
  1. Pemilihan suara panggil dan inap yang kurang pas
  2. Suhu atau temperatur di dalam gedung itu sendiri terlalu panas / kurang lembab
  3. Adanya predator yang mengganggu
  4. Adanya aktivitas manusia yang mengganggu
  5. Lokasi dan struktur bangunan gedung walet yang kurang tepat
  6. DLL
Idealnya kalau semua syarat diatas sudah terpenuhi maka tidak akan ada kendala lagi sehingga kita dapat mengamati bahwa burung walet yang berdatangan mulai ada yang menginap.
Cepat atau lambat walet menginap di dalam rbw sangat beragam, dan ini kadangkala berbeda antara gedung satu dengan lainnya.
Waktu yang dibutuhkan sampai walet menginap kalau memang suara walet yang dipasang sudah sesuai maka paling cepat 1 hari, dan kalau dilihat selambat-lambatnya bisa 1 bulan.
Kalau diluar waktu itu masih sedikit sekali atau bahkan belum ada walet yang menginap di gedung kita, maka perlu ditinjau kembali apakah poin-poin diatas sudah terpenuhi semua atau belum. Atau masih ada yang salah dengan pembangunan rumah walet yang kita laksanakan.

No comments:

Post a Comment

Download MP3 & Video for: Suara Walet Kalimantan Download Lagu  Suara Walet Kalimantan  Dapat Kamu Download Secara Gratis Di Waptric...